VISI

“Madrasah Unggul dan Kompetitif dalam Prestasi dan pengembangan IPTEK, bersikap Uswah, Ikhlas dan Istiqamah.”

INDIKATOR VISI

  •  1. Terwujudnya peserta didik yang kompetitif dalam bidang akademik dan non akademik
  • 2. Terwujudnya komunitas belajar sepanjang hayat yaitu madrasah sebagai tempat saling belajar dan berkembang bagi guru
  • sebagai ahli, peserta didik, serta orang tua       dan masyarakat.
  • 3. Terwujudnya pendidikan yang mengedepankan pembentukan profil pelajar  Pancasila dan Rahmatal Lil ‘Alamin, yang memiliki enam dimensi utama yaitu:
    • a. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia,
    • b. Mandiri,
    • c. Bernalar Kritis,
    • d. Kreatif,
    • e. Bergotong-royong, dan
    • f. Berkebinekaan global.
  • 4. Terwujudnya pendidikan berwawasan global
  • 5. Terwujudnya pendidikan yang. mengembangkan keterampilan abad 21

MISI

  1. Menanamkan pendidikan iman dan taqwa kepada Allah Swt. yang dimanifestasikan dalam akhlak mulia dan ibadah yang sempurna.
  2. Menyelenggarakan pendidikan secara humanis dan efektif, sehingga siswa berkembang secara maksimal.
  3. Menyelenggarakan pembelajaran untuk menumbuh kembangkan berfikir aktif, inovatif dan kreatif dalam memecahkan masalah
  4. Menyelenggarakan pengembangan diri, sehingga siswa dapat berkembang sesuai dengan bakat dan minat masing-masing serta berprestasi pada bidang yang diminati
  5. Menumbuh kembangkan lingkungan sehat dan perilaku religius sehingga siswa dapat mengamalkan dan menghayati agamanya secara nyata
  6. Menumbuh kembangkan perilaku terpuji dan prakteknya sehingga siswa dapat menjadi teladan bagi teman dan masyarakat
  7. Menumbuh kembangkan sikap toleransi, tanggung jawab kemandirian kecakapan emosional dan peduli terhadap terjadinya pencemaran lingkungan
  8. Mewujudkan warga madrasah peduli, berbudaya lingkungan dan uswah yang baik bagi orang lain.
  9. Mewujudkan warga madrasah yang mampu mencegah pencemaran dan kerusakan madrasah, serta pelestarian lingkungan
  10. Meningkatkan motivasi warga madrasah untuk bekerja dengan terencana, tersistem dan terdokumentasi serta berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan untuk kemajuan madrasah.

TARGET MADRASAH

  1. Fase I (2020-2021): penguatan standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar proses dan standar penilaian dengan menyinergikan seluruh sumber daya madrasah.
  2. Fase II (2021-2022): penguatan standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar proses dan standar penilaian dengan menyinergikan seluruh sumber daya madrasah dan melakukan perbaikan berkelanjutan atas kekurangan-kekurangan yang terjadi pada fase I.
  3. Fase III (2022-2023): penguatan standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar penilaian, standar pengelolaan dan standar pembiayaan dengan menyinergikan seluruh sumber daya madrasah serta menjaga pencapaian fase II.
  4. Fase IV (2023-2024): penguatan standar isi, standar kompetensi lulusan, standar pengelolaan dan standar pembiayaan dengan menyinergikan seluruh sumber daya madrasah dan melakukan perbaikan berkelanjutan atas kekurangan-kekurangan yang terjadi pada fase III serta serta menjaga pencapaian fase II sehingga selama empat tahun (empat fase), delapan SNP MAS Serambi Mekkah Kota Padang Panjang terjadi peningkatan yang signifikan dan berimbas pada peningkatan nilai akreditasi MAS Serambi Mekkah Kota Padang Panjang pada khususnya dan peningkatan mutu pendidikan madrasah pada umumnya.